Konten

Di India Anak Jalanan Berhasil Mendirikan Bank Dega 77 Cabang

Kalau Anda menganggap sistem perbankan itu rumit, bersiap-siaplah untuk galau. Sekelompok anak jalanan India telah berhasil mendirikan sebuah model bank untuk anak-anak dan berhasil membuka 77 cabang.


Agaknya kemiskinan yang menjerat malah membuat anak-anak ini kian jeli memikirkan cara menabung untuk masa depan yang cerah. Salah satu cabang besar dari lembaga keuangan yang tak biasa ini berada di kawasan kumuh tempat perlindungan tunawisma remaja di New Delhi. Banyak anak jalanan di sini yang datang untuk menyimpan uang mereka, meminjam, atau berinvestasi dalam hal-hal seperti kebutuhan sekolah. Yang paling mengesankan tentu adalah bahwa sistem perbankan unik ini diimplementasikan dan dioperasikan oleh anak-anak. Bahkan, Satish Kumar, seorang remaja yang terpilih sebagai manajer bank cabang New Delhi usianya paling-paling tak lebih dari 12 tahun.


Adalah Mohammad Shah, seorang klien berumur 12 tahun, yang pekerjaannya menjual botol air di malam hari, bahwa dia sejauh ini telah mengambil tiga pinjaman dari bank tersebut. “Pertama kali saya pinjam 500 rupee untuk membeli seragam sekolah dan lain-lain, kedua kalinya saya pinjam lagi karena ibu saya sakit. Ketiga kalinya saya meminjam untuk membantu ayah saya karena dia akan toko,” katanya. Dia berharap bank mamu membantunya berinvestasi di bidang pendidikan, sehingga akhirnya dapat mencapai cita-citanya menjadi seorang polisi.

Seperti halnya Muhammad, ada sekitar 9000 anak-anak lain menaruh kepercayaan mereka di bank anak-anak itu dengan menyetorkan uang hasil jerih payah mereka di 77 kantor cabang di India. Ini adalah bentuk rasa tanggung jawab luar biasa atas kelangsungan hidup mereka sendiri. Anak-anak gelandangan itu tentu mengejutkan para pengawas dewasa di tempat penampungan, yang berpikir bahwa perbankan dunia perlu belajar dari mereka.

Sementara para pemimpin dunia pusing dengan kondisi finansial global, anak-anak ini telah menemukan solusi untuk diri mereka sendiri.

sumer : http://www.unic29.com/